Review Jurnal 1

Judul penelitian : 
Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Infromasi Bebasis E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015

Penulis             : 
Fadhilah Ramadhani, dkk

Nama jurnal  : 
Economics Development Journal 2

Tahun terbit   : 
2013

Latar belakang penelitian : 
Usaha mikro kecil dan menengah merupakan pelaku ekonomi terbesar dalam meningkatkan perekonomian indonesia. Pasca krisis tahun 1997 di Indonesia UMKM menjadi tumpuhan perekonomian nasional. Semakin majunya tahun, semakin banyak juga bertumbuhnya usaha usaha msyarakat untuk membangun usaha. Pertambahan UKM setiap tahunnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) cukup dominan dalam kuantitas usaha maupun penyerapan tenaga kerja, tetapi dilihat dari nilai outputnya ternyata sangat kecil, dibandingkna output sektor industri. Menurut penelitian terdahulu Effendi Ishak (2005) menyatakan bahwa hambatan yang sering ditemui para pelaku usaha kelas UMKM adalah masalah permodalam, pengelolaan, manajemen bisnis, standar mutu produk, kesulitan penetrasi pasar dan promosi, kesulitan distribusi produk serta belum menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang tepat. Dalam era modern saat ini menganal teknologi tanpa menerapkannya akan sangat percuma apa lagi dalam sektor Usaha Mikro kecil dan menengah ini sangat dibutuhkan. Persaingan yang semakin cepat untuk berkembangnya usaha kecil saat ini. Fasilitas internet untuk melakukan transaksi jual beli secara online dikenal dengan istilah E-commerce. E-commerce akan sangat membantu produsen dalam kegiatan perdagangan dan pemasaran dan juga dapat memangkas biaya – biaya oprasional.

Metode :
Metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif yaitu suatu penulisan yang mengambarkan keadaan yang sebenarnya tentang objek yang diteliti, menurut keadaan yang sebenarnya pada saat penelitian langsung.

Hasil  : 
Dalam sektor UMKM bagi perokonomian nasional memang tidak dapat dipungkiri. Kemampuannya dalam menyerap tenaga kerja, sektor ini secara umum memiliki jumlah yang lebih besar dari sektor industri. Sengan memanfaatkan E-commerce para pelaku ekonomi dapat mendapatkan beberapa keuntungan lainnya. Dapat memangkas beberapa pengeluaran yang seharusnya keluarkan untuk biaya pemasaran tapi ini dapat dikeluarkan untuk menambah unit produk. Dalam menggunakan e-commerce juga memudahkan dalam bertransaksi, lebih udah, lebh efisiensi, dan dapat menghemat waktu. Karna e-commerce dapat diakeses dimana saja asalakan terhubung dengan konesi internet. E-commerce diharapkan dapat menigkatkan daya saing UMKM dalam menghadapi Masyrakat Ekonomi Asean 2015.

Sumber: 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Jurnal Etika Profesi Akuntansi

Review Jurnal 3

Minnie Mouse