Review Jurnal 1
Judul penelitian :
Optimalisasi
Pemanfaatan Teknologi Infromasi Bebasis E-Commerce Sebagai Media Pemasaran
Usaha Kecil Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing Dalam Menghadapi Masyarakat
Ekonomi Asean 2015
Penulis :
Fadhilah Ramadhani, dkk
Fadhilah Ramadhani, dkk
Nama
jurnal :
Economics Development
Journal 2
Tahun terbit :
2013
2013
Latar
belakang penelitian :
Usaha mikro kecil dan menengah merupakan pelaku ekonomi terbesar dalam meningkatkan perekonomian indonesia. Pasca krisis tahun 1997 di Indonesia UMKM menjadi tumpuhan perekonomian nasional. Semakin majunya tahun, semakin banyak juga bertumbuhnya usaha usaha msyarakat untuk membangun usaha. Pertambahan UKM setiap tahunnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
Usaha mikro kecil dan menengah merupakan pelaku ekonomi terbesar dalam meningkatkan perekonomian indonesia. Pasca krisis tahun 1997 di Indonesia UMKM menjadi tumpuhan perekonomian nasional. Semakin majunya tahun, semakin banyak juga bertumbuhnya usaha usaha msyarakat untuk membangun usaha. Pertambahan UKM setiap tahunnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
Usaha
mikro, kecil dan menengah (UMKM) cukup dominan dalam kuantitas usaha maupun
penyerapan tenaga kerja, tetapi dilihat dari nilai outputnya ternyata sangat
kecil, dibandingkna output sektor industri. Menurut penelitian terdahulu
Effendi Ishak (2005) menyatakan bahwa hambatan yang sering ditemui para pelaku
usaha kelas UMKM adalah masalah permodalam, pengelolaan, manajemen bisnis,
standar mutu produk, kesulitan penetrasi pasar dan promosi, kesulitan
distribusi produk serta belum menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
yang tepat. Dalam era modern saat ini menganal teknologi tanpa menerapkannya
akan sangat percuma apa lagi dalam sektor Usaha Mikro kecil dan menengah ini
sangat dibutuhkan. Persaingan yang semakin cepat untuk berkembangnya usaha
kecil saat ini. Fasilitas internet untuk melakukan transaksi jual beli secara
online dikenal dengan istilah E-commerce.
E-commerce akan sangat membantu
produsen dalam kegiatan perdagangan dan pemasaran dan juga dapat memangkas
biaya – biaya oprasional.
Metode :
Metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif yaitu suatu penulisan yang mengambarkan keadaan yang sebenarnya tentang objek yang diteliti, menurut keadaan yang sebenarnya pada saat penelitian langsung.
Metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif yaitu suatu penulisan yang mengambarkan keadaan yang sebenarnya tentang objek yang diteliti, menurut keadaan yang sebenarnya pada saat penelitian langsung.
Hasil :
Dalam sektor UMKM bagi perokonomian nasional memang tidak dapat dipungkiri. Kemampuannya dalam menyerap tenaga kerja, sektor ini secara umum memiliki jumlah yang lebih besar dari sektor industri. Sengan memanfaatkan E-commerce para pelaku ekonomi dapat mendapatkan beberapa keuntungan lainnya. Dapat memangkas beberapa pengeluaran yang seharusnya keluarkan untuk biaya pemasaran tapi ini dapat dikeluarkan untuk menambah unit produk. Dalam menggunakan e-commerce juga memudahkan dalam bertransaksi, lebih udah, lebh efisiensi, dan dapat menghemat waktu. Karna e-commerce dapat diakeses dimana saja asalakan terhubung dengan konesi internet. E-commerce diharapkan dapat menigkatkan daya saing UMKM dalam menghadapi Masyrakat Ekonomi Asean 2015.
Dalam sektor UMKM bagi perokonomian nasional memang tidak dapat dipungkiri. Kemampuannya dalam menyerap tenaga kerja, sektor ini secara umum memiliki jumlah yang lebih besar dari sektor industri. Sengan memanfaatkan E-commerce para pelaku ekonomi dapat mendapatkan beberapa keuntungan lainnya. Dapat memangkas beberapa pengeluaran yang seharusnya keluarkan untuk biaya pemasaran tapi ini dapat dikeluarkan untuk menambah unit produk. Dalam menggunakan e-commerce juga memudahkan dalam bertransaksi, lebih udah, lebh efisiensi, dan dapat menghemat waktu. Karna e-commerce dapat diakeses dimana saja asalakan terhubung dengan konesi internet. E-commerce diharapkan dapat menigkatkan daya saing UMKM dalam menghadapi Masyrakat Ekonomi Asean 2015.
Sumber:
Komentar
Posting Komentar